Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH DASAR UMUM DAN KEAGAMAAN

Senin, 15/02/2021 15:16:57

Abstract: Students are currently experiencing a character crisis which is concerning. Cultivating the character value of the national spirit is one of the characters that must be formed. The purpose of this study is to examine more deeply the character profile of the national spirit in public and religious elementary schools. A qualitative approach with a multi-case research design was used in this study. The locations in this study were SDN Pandanwangi 3 Malang and SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansyur Malang. Data mining in this study used observation, interview, and documentation study techniques. The results of this study are (1) public elementary schools, focusing on character values on the character of the national spirit, while elementary schools with an Islamic background, inculcating religious and nationalist characters. (2) the character values chosen by the two schools are guided by the 5 main pillars of KDP, (3) the character values used are then integrated and combined with the vision, mission, and goals of the school, and (4) both schools have the goal of forming students who are has a homeland love personality.

 

Abstrak: Peserta didik saat ini mengalami krisis karakter yang memprihatinkan Penanaman nilai karakter semangat kebangsaan menjadi salah satu karakter yang harus dibentuk. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji lebih dalam mengenai profil karakter semangat kebangsaan pada sekolah dasar umum dan keagamaan. Pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multi kasus digunakan dalam penelitian ini. Lokasi dalam penelitian ini yaitu SDN Pandanwangi 3 Malang dan SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansyur Malang. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni (1) sekolah dasar negeri, memfokuskan nilai karakter pada karakter semangat kebangsaan, sementara sekolah dasar dengan latar belakang Islam, penanaman karakter religius dan nasionalis. (2) nilai karakter yang dipilih oleh kedua sekolah berpedoman pada 5 pilar utama PPK, (3) nilai karakter yang digunakan kemudian diintegrasikan dan dipadukan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, dan (4) Kedua sekolah memiliki tujuan yaitu membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian cinta tanah air.





http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/15659

Posting oleh Desi Eri K 9 bulan yang lalu - Dibaca 2732 kali

 
Tag : #PendidikanKarakter #KarakterSemangatKebangsaan #SekolahDasar #CharacterEducation #CharacterOfNationalSpirit #ElementarySchool

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
8 tahun yang lalu - dibaca 92934 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
8 tahun yang lalu - dibaca 71729 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
8 tahun yang lalu - dibaca 105000 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
8 tahun yang lalu - dibaca 78584 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
6 tahun yang lalu - dibaca 77554 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
6 tahun yang lalu - dibaca 88009 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
8 tahun yang lalu - dibaca 76508 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
8 tahun yang lalu - dibaca 58487 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
1 tahun yang lalu - dibaca 7600 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
1 tahun yang lalu - dibaca 8937 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
1 tahun yang lalu - dibaca 9686 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
1 tahun yang lalu - dibaca 9283 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 tahun yang lalu - dibaca 11779 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
1 tahun yang lalu - dibaca 9874 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
1 tahun yang lalu - dibaca 10398 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
1 tahun yang lalu - dibaca 11611 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2021 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 4.46213 seconds