Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra

Jum'at, 22/11/2013 21:27:34

Pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang No. 17/2007 (UU 17/2007) tentang RencanaPembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) untuk jangka waktu 20 tahun, yaitu 2005-2025. RPJPN diarahkan untuk mewujudkan tujuan negara sebagaimana disebutkan dalamPembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yaitu untukmelindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupanbangsa, dan ikut melaksanaan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,dan keadilan sosial.

Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2005-2025 merupakan kelanjutan pembangunansebelumnya yang difokuskan pada upaya penataan kembali berbagai langkah strategis di bidangpengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, lingkungan hidup, serta kelembagaannyaagar bangsa Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dan mempunyai posisi sejajar, sertadaya saing yang kuat di dalam pergaulan masyarakat internasional.RPJPN memberikan arah yang sangat kuat untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berdayasaing, salah satunya melalui perkembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitasyang, antara lain, ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI).

Berbagai arah perkembangan untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesiatersebut sejalan dengan berbagai komitmen dan kesepakatan di tingkat internasional sepertitujuan pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs), Education For All(EFA), Konvensi Hak Anak, serta Konvensi Penghapusan Segala Bentuk diskriminasi. Sejajardengan ketentuan peraturan dan perundang-Undangan Indonesia, kesepakatan di atasmemberi prioritas yang kuat terhadap bidang pendidikan seperti mewujukan pendidikan dasaryang bermutu atau meningkatkan akses semua anak Indonesia tanpa diskriminasi terhadappendidikan dasar.

Perkembangan pendidikan dasar merupakan salah satu sektor yang sangat penting untukmewujudkan tujuan-tujuan di atas dan untuk memenuhi hak anak yang dijamin melaluiketentuan peraturan dan perundang-undangan Indonesia dan komitmen negara terhadapkesepakatan internasional. Kebijakan permerintah Indonesia mengarahkan peningkatanmutu pemberdayaan, efisiensi pengelolaan sektor pendidikan, dan peningkatan akses bagi semua anak terhadap pelayanan pendidikan. Kebijakan tersebut dilaksanakan berdasarkanperikemanusiaan, keadilan, dan kesamaan serta mengutamakan manfaat dengan perhatiankhusus pada kelompok rentan, misalnya anak keluarga tidak mampu, anak yang berasal daridaerah terpencil, anak-anak cacat, dan anak yatim.Dinas Pendidikan adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah yang memiliki tingkat kompleksitas

54Panduan-Lokakarya-bagi-Fasilitator-Renstra.jpg

Lampiran
Panduan Lokakarya bagi Fasilitator Renstra.pdf [download]

Posting oleh Tim Pengembang MBS 51 tahun yang lalu - Dibaca kali

 
Tag : #

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Jum'at, 23/10/2020 17:22:51
Mengembangkan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa Pandemi

Tidak hanya Belajar dari Rumah (BDR), kepala sekolah itu penuh tantangan dan peluang untuk mengembangkan kompetensinya....

Senin, 12/10/2020 10:45:00
ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP BELAJAR DI RUMAH BAGI PELAKU PENDIDIKAN

Dunia sedang mengalami pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penerapan kebijakan Work From Home (WFH)...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 77113 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 58034 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 86653 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 64034 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 62727 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 72058 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 62913 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 46222 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
3 minggu yang lalu - dibaca 248 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 bulan yang lalu - dibaca 683 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
3 bulan yang lalu - dibaca 771 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
4 bulan yang lalu - dibaca 750 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
4 bulan yang lalu - dibaca 1343 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
4 bulan yang lalu - dibaca 1363 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
4 bulan yang lalu - dibaca 1552 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
5 bulan yang lalu - dibaca 2043 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.51 Mb - Loading : 0.46215 seconds