Modul dan Pelatihan

Tipe File
PDF
Size
106
Download
96     
Upload
19/11/2017 01:08:08
 


Tipe File
RAR
Size
981
Download
264     
Upload
19/11/2017 01:08:11
 


Tipe File
PDF
Size
628
Download
166     
Upload
19/11/2017 01:08:18
 

4.
Pengolahan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Kurikulum 2013
Guru perlu mampu menyusun deskripsi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Guru perlu mampu mengolah hasil penilaian yang dilakukan pendidik dan satuan pendidikan. Guru perlu mampu mengisi rapor sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tipe File
PPT
Size
2029
Download
241     
Upload
19/11/2017 01:08:20
 

5.
Review Hasil Praktik Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, pada pelatihan ini dilakukan praktik pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

Tipe File
PDF
Size
84
Download
223     
Upload
19/11/2017 01:08:23
 

6.
Praktik Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013
Berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah - Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran, pengertian pembelajaran adalah proses interaksi antar pesertadidik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Tipe File
PDF
Size
90
Download
161     
Upload
19/11/2017 01:08:27
 

7.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Tipe File
PDF
Size
523
Download
231     
Upload
19/11/2017 01:08:28
 

8.
Inspirasi Pembelajaran Melalui Tayangan Video
Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan sejumlah alternatif penedekatan, strategi, dan model pembelajaran yang ada. Kegiatan ini membicarakan tentang proses pembelajaran yang terkait dengan pembelajaran tematik terpadu, Pendekatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan temannya dalam tugas-tugas terstruktur (Lie, A., 1995), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Tipe File
PDF
Size
216
Download
216     
Upload
19/11/2017 10:13:00
 

9.
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Berkaitan dengan prinsip pengembangan RPP, ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat sebuah perencanaan pembelajaraan yaitu berfikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), adalah kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaanpertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau masalah.

Tipe File
PDF
Size
796
Download
280     
Upload
19/11/2017 01:08:31
 

10.
Bimbingan Psiko-Edukatif Di Sekolah Dasar
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menunjukkan menunjukkan bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang secara optimal. Perkembangan optimal bukan sebatas tercapainya prestasi sesuai dengan kapasitas intelektual, minat, dan bakat yang dimiliki, melainkan sebagai sebuah kondisi perkembangan yang memungkinkan peserta didik mampu menunjukkan perilaku yang sehat dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan adaptasi dan sosialisasi yang baik. Situasi kehidupan pada abad ke-21 ini sangat penuh tantangan dan persaingan di samping tersedianya peluang bagi yang memiliki kompetensi hidup, berupa kapasitas fisik, mental, serta intelektual. Pengembangan kompetensi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang tidak hanya mengandalkan layanan pembelajaran dan manajemen saja, tetapi juga menyediakan layanan khusus yang bersifat psiko-edukatif.

Tipe File
PDF
Size
149
Download
246     
Upload
19/11/2017 01:08:32
 

11.
Perancangan Pembelajaran Dan Penilaian
Program Tahunan merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan berdasarkan kurikulum 2013 merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Tipe File
PDF
Size
382
Download
409     
Upload
19/11/2017 01:08:34
 

12.
Analisis Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013
Pada Kurikulum 2013, penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dengan menggunakan penilaian acuan kriteria. Perencanaan penilaian dimulai dengan melakukan pemetaan kompetensi dasar. Pemetaan dilakukan terhadap kompetensi dasar dari setiap muatan pelajaran. Pemetaan ini dapat dilakukan baik per subtema maupun tema.

Tipe File
PDF
Size
247
Download
217     
Upload
19/11/2017 01:08:35
 

13.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
Mampu menyusun pembelajaran sesuai sintak model pembelajaran

Tipe File
PPTX
Size
170
Download
124     
Upload
19/11/2017 01:08:36
 

14.
Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013
Buku yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah Buku Guru dan Buku Siswa. Buku tersebut terdiri atas tema-tema yang sudah ditentukan sesuai dengan jenjang kelas di SD. Berikut adalah Daftar Tema setiap kelas.

Tipe File
PDF
Size
141
Download
179     
Upload
19/11/2017 10:19:32
 

15.
Analisis Dokumen SKL, KI-KD, Silabus, Dan Pedoman Tematik SD Kurikulum 2013
Standar Kompetensi Lulusan merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tipe File
PDF
Size
141
Download
258     
Upload
19/11/2017 01:08:39
 



Topik Lainnya

Terpopuler

Terbaru
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
1 minggu yang lalu - dibaca 26 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
3 minggu yang lalu - dibaca 119 kali
Pendidikan Informal untuk Penguatan Pembelajaran di Daerah Tertinggal
Pendidikan Informal untuk Penguatan...
1 bulan yang lalu - dibaca 285 kali
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak Perbatasan
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak...
2 bulan yang lalu - dibaca 310 kali
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik Mengajar Realistik
Program Keahlian Ganda Butuh Praktik...
2 bulan yang lalu - dibaca 416 kali
Permen tentang Penguatan Pendidikan Karakter Disiapkan dalam Sepekan
Permen tentang Penguatan Pendidikan...
2 bulan yang lalu - dibaca 688 kali
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM Berkarakter dan Berdaya Saing
Pemerataan Pendidikan Siapkan SDM...
2 bulan yang lalu - dibaca 855 kali
72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan Indonesia?
72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan...
3 bulan yang lalu - dibaca 641 kali
Lewat Teknologi, Anak-anak Muda Bicara Perpecahan Bangsa
Lewat Teknologi, Anak-anak Muda Bicara...
3 bulan yang lalu - dibaca 757 kali
Cerita Pelajar SMA Saat Ajari Anak SD...
4 bulan yang lalu - dibaca 942 kali