Panduan DBE1 Tingkat Sekolah September 2011
Komitmen Kementerian Pendidikan Nasional untuk melakukan perluasan dan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, serta peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan terus dilakukan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar memiliki komitmen untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003: Pasal 51, Butir 1 yang menyatakan “Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah”.
Untuk mengembangkan program Manajemen Berbasis Sekolah tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain, diantaranya kerjasama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan United States Agency for International Development (USAID) melalui Program Decentralized Basic Education: Management and Governance (DBE1).
DBE1 telah menerapkan program MBS yang meliputi Rencana Kerja Sekolah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, Penguatan Komite Sekolah, Sistem Database Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan di 7 Provinsi
Lampiran
Pedoman Pelaksanaan, Monev, Pelaporan, Pemutakhiran RKSM. September 2011.pdf [download]
Pedoman Pembentukan Tim Pengembang Sekolah Madrasah. September 2011.pdf [download]
Pedoman Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Sekolah Madrasah September 2011.pdf [download]
Pedoman Teknis Modul Kepemimpinan. September 2011.pdf [download]
Pedoman Teknis Penguatan Komite Sekolah Madrasah 23 September 2011.pdf [download]
Posting oleh Tim Pengembang MBS 55 tahun yang lalu - Dibaca kali
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...