Manual Rekonstruksi dan Rehabilitasi - Pasca Gempa Gedung Sekolah dan Madrasah dengan Partisipasi Masyarakat
Manual Rekonstruksi dan Rehabilitasi Gedung Sekolah dan Madrasah ini dirancang khusus untuk para penanggungjawab lapangan. Tujuannya adalah agar mereka memahami dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan kaidah teknis dan tatalaksana pekerjaan sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi teknis konstruksi dan standar nasional pendidikan. Selain aspek teknis, manual ini dapat membantu kepala sekolah dan komite sekolah sebagai penanggungjawab utama rekonstruksi dan rehabilitasi untuk dapat mengelola dana dan mempertangungjawabkan hasil-hasilnya secara transparan.
DBE1 menyusun Manual Rekonstruksi dan Rehabilitasi Gedung Sekolah dan Madrasah. Sebagian besar isi manual ini mengacu pada manual Depdiknas tentang rehabilitasi gedung SD/MI dan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMP/MTs dengan menerapkan metode swa-kelola atau partisipasi masyarakat. Yang relatif baru adalah informasi tentang konstruksi tahan gempa, konstruksi ramah difable, pertanggungjawaban penggunaan dana, pemeliharaan dan perawatan gedung dan fasilitas lainnya.
Penyusunan, uji-coba, revisi, dan versi terakhir manual ini terwujud berkat dukungan dan kerjasama antara Depdiknas, BP Migas, Chevron, ConocoPhillips, USAID (DBE1), Pemerintah Kabupaten Klaten, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Dinas Pendidikan Provinsi DIY dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun memberikan dukungan koordinasi dan fasilitasi. Sebagai dokumen kerja, manual ini masih terus memerlukan penyempurnaan terutama setelah mendapatkan umpan-balik dari lapangan. Semoga bermanfaat untuk warga pendidikan khususnya “ANAK” yang mendambakan sarana dan prasarana sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan.
Semoga manual ini dapat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakatnya dalam merekonstruksi dan merehabilitasi sarana pendidikan yang rusak akibat bencana alam.
Lampiran
PPA - Manual Rekonstruksi dan Rehabilitasi - December 2008.pdf [download]
Posting oleh Tim Pengembang MBS 51 tahun yang lalu - Dibaca kali
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH DASAR UMUM DAN KEAGAMAAN
Peserta didik saat ini mengalami krisis karakter yang memprihatinkan Penanaman nilai karakter semangat kebangsaan...
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI LAYANAN EKSTRAKURIKULER
Abstract: Student leadership potential is not enough just developed through learning activities in the classroom but...

















