PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI LAYANAN EKSTRAKURIKULER
Abstract: Student leadership potential is not enough just developed through learning activities in the classroom but also outside the classroom namely through extracurricular services to provide great opportunities for students to develop their potential, interests, and talents. The purpose of this research is to know leadership potential gained by students through the existence of extracurricular services. The method that the research used is qualitative by using case study design. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Key informants in this research are vice-principals in the field of students supported by additional informants such as student council coaches, extracurricular coaches, parents, and students. Data analysis is done by collecting data, reducing, presenting, and making decisions. The results showed that the Paskibra, Scout, Taekwondo, Karate, Modern dance, and Broadcasting extracurricular activities are types of extracurricular services that can develop student leadership potential through the formation of a leader's personality and direct application in mobilizing, influencing, and motivating others. The strategy in developing student leadership potential is by attracting the attention of students to participate in extracurricular activities through socialization activities, full service, and award awards to students and extracurricular coaches. Participation given by Taruna Nala State High School teachers is through coaching and for parents' participation is given through the existence of a school committee, the form of participation is in the form of funding and other assistance The implementation of extracurricular services is carried out starting from making work programs, division of tasks and responsibilities, carrying out extracurricular activities in realizing the goals of developing student potential through each activity, and providing motivation to students. Supporting factors in extracurricular activities are experienced coaches, student motivation, infrastructure, and financial support. Inhibiting factors such as lack of supervision, comments from students' parents, difficulty communicating, weather conditions, the location of extracurricular activities, and lack of student motivation.
Abstrak: Potensi kepemimpinan siswa tidak cukup hanya dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas tetapi juga di luar kelas yaitu melalui layanan ekstrakurikuler dalam upaya memberikan peluang besar bagi siswa-siswi dalam mengembangkan potensi, minat, dan bakat yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kepemimpinan yang diperoleh siswa melalui adanya layanan esktrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan Key dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswan dengan didukung informan tambahan seperti pembina OSIS, pembina ekstrakurikuler, orangtua siswa serta siswa. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra, Pramuka, Taekwondo, Karate, Modern dance, dan Broadcasting merupakan jenis layanan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan potensi kepemimpinan siswa melalui pembentukan kepribadian seorang pemimpin dan penerapan secara langsung dalam mengerakkan, mempengaruhi, dan memotivasi orang lain. Program pengembangan pada layanan ekstrakurikuler diantaranya yaitu, personal wellbeing, creativity and arts, global citizenship, dan special program. Strategi dalam mengembangkan potensi kepemimpinan siswa yaitu dengan menarik perhatian siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ekstrakrurikuler melalui kegiatan sosialisasi, pelayanan penuh, dan pemberian awards kepada siswa dan pembina ekstrakurikuler. Partisipasi yang diberikan oleh guru SMA Negeri Taruna Nala yaitu melalui pembinaan dan untuk partisipasi orangtua siswa diberikan melalui adanya komite sekolah, bentuk partisipasi tersebut berupa bantuan pendanaan dan bantuan lainnya. Implementasi layanan ekstrakurikuler dilakukan mulai dari pembuatan program kerja, pembagian tugas dan tanggung jawab, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan tujuan pengembangan potensi siswa melalui setiap kegiatan, dan memberikan motivasi terhadap siswa-siswi. Faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu pembina yang berpengalaman, motivasi siswa, sarana prasarana, dan dukungan dana. Faktor penghambat seperti kurang pengawasan, komentar dari orangtua siswa, kesulitan berkomunikasi, kondisi cuaca, lokasi kegiatan ekstrakurikuler, dan kurangnya motivasi siswa-siswi.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/14104
Posting oleh Desi Eri K 4 tahun yang lalu - Dibaca 32324 kali
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...