Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

Selasa, 31/03/2020 21:23:41
INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

Bagus Rachmad Saputra, Imron Arifin, Ahmad Yusuf Sobri Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine (1) the process of internalizing religious values in the principals' conceptual skills, (2) the process of internalizing religious values in the technical skills of principals, and (3) the process of internalizing religious values in the interpersonal skills of principals at SDIT Baitul Izzah and SDI Plus Baitul Ikhlas Nganjuk. The approach used in this research is qualitative with a multi-site study approach. Data obtained through interviews with the principal as key informants, teachers, committees, and foundations. Data was collected from two sites in the form of structured and unstructured interviews, participatory observation, and document studies. Data sourced from field notes, documents, and interview transcripts that were reduced were then analyzed for validity and credibility tests using triangulation techniques. The results of the study include (1) internalization of religious values in the aspect of the principal's conceptual skills, (2) internalization of religious values in the technical aspects of the principal, (3) internalization of religious values in the interpersonal aspects of the principal's personal skills.


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan konseptual kepala sekolah, (2) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan teknis kepala sekolah, dan (3) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam keterampilan antar pribadi kepala sekolah di SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah selaku informan kunci, guru, komite, serta yayasan. Data dikumpulkan dari dua situs dalam bentuk wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Data bersumber pada catatan lapangan, dokumen, dan transkrip wawancara yang direduksi kemudian dianalisis uji validitas dan kredibilitas dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian antara lain (1) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan konseptual kepala sekolah, (2) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan teknis kepala sekolah, dan (3) internalisasi nilai religius pada aspek keterampilan antar pribadi kepala sekolah.


http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9475

Posting oleh Desi Eri K 3 tahun yang lalu - Dibaca 45363 kali

 
Tag : #Internalization #ReligiousValues #Managerial Skills #Principal #InternalisasiNilai-NilaiReligius #KeterampilanManajerial #KepalaSekolah

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
9 tahun yang lalu - dibaca 115814 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
9 tahun yang lalu - dibaca 91283 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
9 tahun yang lalu - dibaca 129783 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 99058 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
7 tahun yang lalu - dibaca 98315 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 116872 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
9 tahun yang lalu - dibaca 97454 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
9 tahun yang lalu - dibaca 76113 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 tahun yang lalu - dibaca 20766 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 tahun yang lalu - dibaca 22672 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
2 tahun yang lalu - dibaca 38304 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
2 tahun yang lalu - dibaca 39872 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 tahun yang lalu - dibaca 56292 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 tahun yang lalu - dibaca 35416 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 tahun yang lalu - dibaca 32164 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 tahun yang lalu - dibaca 52026 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2022 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 2.55368 seconds