SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN
Rabu, 10/07/2019 16:38:48
Abstract
Abstract: This study aims to gain an in-depth study of the supervision carried out by the headmaster. This study uses a qualitative approach, and the data collection techniques used are participant observation, in-depth interviews and documentation studies. This research was conducted in MAN 1 Trenggalek and MAN 2 Trenggalek, East Java. The results of this study that the head of the madrasa in carrying out supervision of learning adjusts to the plans outlined in the supervision program, uses instruments and observation sheets, uses the principles of supervision, uses techniques and approaches that are varied and carried out in a pleasant atmosphere. The head of the madrasa in order to carry out strategic steps as an embryo of success in implementing learning supervision in the madrasah.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di MAN 1 Trenggalek dan MAN 2 Trenggalek Jawa Timur. Hasil penelitian adalah kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran menyesuaikan dengan rencana yang dituangkan dalam program supervisi, menggunakan instrumen dan lembar observasi, menggunakan prinsip-prinsip supervisi, menggunakan teknik dan pendekatan yang bervariasi dan dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan. Kepala madrasah agar melakukan langkah-langkah strategis sebagai embrio keberhasilan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di madrasah.
Keywords
Learning Supervision; Madrasah Headmaster; Learning Quality; Supervisi Pembelajaran; Kepala Madrasah; Mutu Pembelajaran
sumber (http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/6455)
sumber (http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/6455)
Posting oleh Desi Eri K 5 bulan yang lalu - Dibaca 1003 kali
Tag :
#MBS #PSM #Supervisipembelajaran #kepalamadrasah #kualitaspembelajaran
Berikan Komentar Anda
Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Artikel
Selasa, 20/08/2019 09:15:25SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNALSEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN
Abstract: This article aims to describing the system of guaranteeing internal quality of schools to ensure that the...
Artikel
Rabu, 07/08/2019 18:47:34SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS DI PESANTREN
Abstract: This study aims to describe the process of budgeting and allocating free education funds in pesantren,...
7 Pilar MBS

Pilar
Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah.
Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Penelitian

Penelitian
http://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/6093
Modul dan Pedoman
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNALSEKOLAH UNTUK...
Selasa, 20/08/2019 09:15:25
SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PENDIDIKAN...
Rabu, 07/08/2019 18:47:34
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DAN LINGKUNAN...
Minggu, 20/07/2019 16:26:18
SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH DALAM...
Rabu, 10/07/2019 16:38:48
PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI...
Selasa, 11/06/2019 11:29:38
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN Tidak...
Selasa, 28/05/2019 11:56:28
Memahami "Penderitaan" Siswa di Kelas
Selasa, 14/05/2019 13:17:53
Fungsi Kurikulum untuk Kepentingan Pendidikan dan...
Senin, 29/04/2019 07:07:45
Fokus Hari Ini
Tags
Berita Pilihan
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNALSEKOLAH UNTUK...
Selasa, 20/08/2019 09:15:25
SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PENDIDIKAN...
Rabu, 07/08/2019 18:47:34
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DAN LINGKUNAN...
Minggu, 20/07/2019 16:26:18
SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH DALAM...
Rabu, 10/07/2019 16:38:48
PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI...
Selasa, 11/06/2019 11:29:38
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN Tidak...
Selasa, 28/05/2019 11:56:28
Memahami "Penderitaan" Siswa di Kelas
Selasa, 14/05/2019 13:17:53
Fungsi Kurikulum untuk Kepentingan Pendidikan dan...
Senin, 29/04/2019 07:07:45
Terpopuler
Modul MBS

Paket Pelatihan 3
6 tahun yang lalu - dibaca 68730 kali

Paket Pelatihan 2
6 tahun yang lalu - dibaca 51612 kali

Paket Pelatihan 1
6 tahun yang lalu - dibaca 76571 kali

Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
6 tahun yang lalu - dibaca 57012 kali

MODUL 6 UNIT 3
4 tahun yang lalu - dibaca 54409 kali

Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 63863 kali

Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
6 tahun yang lalu - dibaca 55734 kali

Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
6 tahun yang lalu - dibaca 40616 kali
Info MBS
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
6 bulan yang lalu - dibaca 2625 kali
Penghapusan Ujian Nasional Tak Otomatis...
9 bulan yang lalu - dibaca 3395 kali

Tahun Ini, 3.725 SMA/SMK se-Jatim Bebas...
9 bulan yang lalu - dibaca 2837 kali

APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492...
1 tahun yang lalu - dibaca 5672 kali

Asah Bakat Sejak Dini, Anak Tumbuh Jadi...
1 tahun yang lalu - dibaca 4503 kali
"Bersiaplah... Pendaftaran SNMPTN...
2 tahun yang lalu - dibaca 5580 kali

Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah...
2 tahun yang lalu - dibaca 5991 kali

Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan...
2 tahun yang lalu - dibaca 4920 kali