Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN PADA SEKOLAH EFEKTIF

Kamis, 10/01/2019 08:41:04

Abstrak: This study aimed to describe the leadership of female principal in effective schools
of MIT Al-Islah Kota Gorontalo. The approach methodology that used in this study was a
qualitative with case study design. Data analysis was performed by the steps: data reduction,
data presentation, drawing conclusions or verification of data records that obtained from
observations and interviews. The results of the study as follows: (1) strategy of the principal
women in achieving effectiveness in MIT Al-Islah Kota Gorontalo include: (a) optimal
learning (b) empowering the potency of the students, and (c) establishing the cooperation
with various partners to support student’s achievement; (2) supporting factors in improving
student achievement at MIT Al-Islah Kota Gorontalo that include: (a) inputing data of
students who excel and selected that prioritized for RA graduates of Al-Islah, this inputing
not limited insiders but also for for the public by advertising, where ranking system was
taken based on the results of testing that consists of psychological tests (independence) was
used, academic tests (math and reading), testing skills (memorizing short chapters); and (b)
obtaining support from the school components.


keyword: female school leadership, effective schools


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah
perempuan pada sekolah efektif di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus.
Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan atau verifikasi yang diperoleh melalui catatan hasil observasi dan
hasil wawancara. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) strategi kepala sekolah perempuan
dalam mencapai sekolah efektif di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo yang meliputi: (a)
optimalisasi pembelajaran, (b) memberdayakan potensi siswa, dan (c) menjalin kerja sama
dengan berbagai pihak untuk mendukung prestasi siswa; (2) faktor- faktor pendukung dalam
meningkatkan prestasi siswa di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo meliputi: (a) input siswa
yang unggul dan terseleksi, diprioritaskan bagi lulusan RA Al-Ishlah, tetapi juga terbuka
untuk umum melalui iklan dengan sistem rangking yang didasarkan pada hasil testing yang
terdiri tes psikologi (kemandirian), tes akademik (berhitung dan membaca), tes keterampilan
(hafalan surah pendek); dan (b) memperoleh dukungan dari komponen sekolah.


http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1866

Posting oleh Desi Eri K 1 tahun yang lalu - Dibaca 3923 kali

 
Tag : #kepemimpinan kepala sekolah perempuan # sekolah efektif

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 29/06/2020 07:40:24
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pandemi covid-19 di Indonesia, membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menerapkan sistem...

Senin, 22/06/2020 21:57:41
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan, bahwa di tengah pandemi Covid-19 tengah...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 73246 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55056 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 82092 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 60886 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 59377 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 68557 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 59685 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44042 kali
Info MBS
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
6 hari yang lalu - dibaca 54 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 minggu yang lalu - dibaca 95 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
3 minggu yang lalu - dibaca 194 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
4 minggu yang lalu - dibaca 238 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 764 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
6 bulan yang lalu - dibaca 1618 kali
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
1 tahun yang lalu - dibaca 5426 kali
Penghapusan Ujian Nasional Tak Otomatis...
1 tahun yang lalu - dibaca 5879 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.54 Mb - Loading : 7.53667 seconds