Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

SISTEM PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Jum'at, 19/10/2018 08:43:23

Abstract


Abstract: The focus of this research is the base of students grouping, the type of students
grouping, the way of students grouping, the positive and negative effect of students grouping,
the problems of students grouping, and the way to resolve this problems. This research uses
qualitative approach and use case studiesat SD Negeri Model Kota Malang. The result shows
students grouping at this school uses the achievement, the characteristic, and the interest of
students.


Keywords: grouping, students, Elementary School

 

DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p201


Abstrak: Fokus dari penelitian ini adalah dasar pengelompokan peserta didik, jenis
pengelompokan peserta didik, cara pengelompokan peserta didik, dampak positif dan
negatif pengelompokan peserta didik, kendala dalam pengelompokan peserta didik, dan cara
mengatasi kendala pengelompokan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kulitatif jenis studi kasus, dengan lokasi penelitian di SD Negeri Model Kota Malang.
Temuan penelitian menunjukkan pengelompokan peserta didik di sekolah itu menggunakan
jenis prestasi, karakteristik, dan bakat minat peserta didik.


Kata kunci: Pengelompokan, Peserta didik, SD Negeri


http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1878

Posting oleh Desi Eri K 2 tahun yang lalu - Dibaca 4047 kali

 
Tag : #Pengelompokan # Peserta didik # SD Negeri

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 06/07/2020 08:51:06
Pandemi, Pendidikan, dan Persaingan Privilese

Jakarta -  Pandemi telah mengakar sampai ke semua lini dan memang telah menyeret kita pada dimensi yang berbeda....

Senin, 29/06/2020 07:40:24
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pandemi covid-19 di Indonesia, membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menerapkan sistem...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 73306 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55093 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 82172 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 60953 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 59430 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 68589 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 59731 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44085 kali
Info MBS
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 minggu yang lalu - dibaca 64 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 minggu yang lalu - dibaca 109 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
3 minggu yang lalu - dibaca 202 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
4 minggu yang lalu - dibaca 264 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 782 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
6 bulan yang lalu - dibaca 1643 kali
PPDB 2019 SMP Sistem Zonasi, Nilai USBN...
1 tahun yang lalu - dibaca 5451 kali
Penghapusan Ujian Nasional Tak Otomatis...
1 tahun yang lalu - dibaca 5908 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.54 Mb - Loading : 7.40030 seconds