Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Negara-Negara Ini Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Sedunia

Selasa, 03/01/2017 11:19:05

08pendidikan.jpg


Liputan6.com, London Sistem pendidikan dasar di sebuah negara menjadi aspek penting dalam membentuk sebuah negara. Lalu, negara manakah yang memiliki sistem pendidikan dasar terbaik di dunia? Hal ini bisa dijawab dari laporan yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF).

Susunan peringkat negara-negara dalam laporan ini berdasarkan 12 pilar daya saing yakni meliputi makro-ekonomi, infrastruktur, kesehatan, efisiensi pasar tenaga kerja, dan pendidikan dasar seperti mengutip The Independent, Selasa (29/11/2016).

Berdasarkan data laporan Global Competitiveness Report, inilah 11 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. 11. Jepang
Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki performa literasi, ilmiah, dan matematika terbaik dunia. Sistem pendidikan negara ini mirip dengan di Indonesia. Para siswa menjalani enam tahun di sekolah dasar, lalu tiga tahun di sekolah menengah pertama dan tiga tahun sekolah menengah atas sebelum melanjutkan ke pendidikan tinggi.
10. Barbados, Karibia Sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudera Atlantik ini juga memiliki sistem pendidikan dasar yang baik. Pemerintah negara ini menginvestasikan anggaran belanja negara yang cukup tinggi pada pendidikan. Tak heran tingkat literasi mencakup 98 persen. Pendidikan di tingkat dasar dari usia empat hingga 11 tahun, lalu dilanjutkan lagi di usia 11-18 tahun. Sebagian besar sekolah dijalankan pemerintah. 
Selandia Baru 9. Selandia Baru Pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru berlangsung dari usia lima hingga 19 tahun. Dengan wajib sekolah dari enam sampai 16 tahun.
8. Estonia, Eropa Estonia menganggarkan empat persen dari pendapatan negara untuk pendidikan. Tujuan pendidikan di negara ini adalah menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perkembangan kepribadian, keluarga dan bangsa. Dalam sistem pendidikan, sekolah-sekolah di Estonia mengajarkan nilai-nilai kebangsaan, cinta alam, dan kebudayaan. Selain itu, sekolah juga menanamkan tradisi belajar sepanjang hayat.
Irlandia 7. Irlandia Mayoritas sekolah menengah di Irlandia dimiliki dan dikelola negara. Namun ada juga sekolah kejuruan. Dalam laporan terbaru, terdapat penurunan 15 persen dana pendidikan saat krisis keuangan melanda. Namun kualitas pendidikan mereka tetap terbaik.
6. Qatar Negara yang kaya berkat minyak ini menjadi salah satu negara yang memiliki inovasi pendidikan dasar paling signifikan serta mendukung riset di pendidikan tinggi, seperti laporan BBC. Pemerintah menawarkan pendidikan gratis bagi warga negara Qatar. Investasi besar-besaran pada pendidikan anak-anak di Qatar menuju negara mandiri di 2030. 
Belanda 5. Belanda Data UNICEF 2013 mengungkap anak-anak Belanda merupakan salah satu yang paling bahagia di dunia. Bagaimana tidak, sekolah tidak pernah memberikan pekerjaan rumah. Jadi saat belajar, anak-anak tidak stres dan tertekan. Sebagian besar sekolah di Belanda milik pemerintah dan hanya sedikit yang swasta.
4. Singapura Skor Singapur sangat tinggi dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment). Ini adalah tes yang bertujuan mengukur dan membandingkan kinerja siswa di seluruh negara.
Belgia 3. Belgia Sistem pendidikan negeri dan swasta tersedia bagi seluruh anak-anak usia empat sampai 18 tahun di Belgia. Biaya yang dikeluarkan untuk sekolah juga tidak banyak, bahkan ada juga yang tidak mengeluarkan dana. Ya, dana pendidikan yang digelontorkan pemerintah Belgia memang tinggi.
2. Swiss Hanya sekitar lima persen siswa di Swiss yang bersekolah di swasta, sisanya bersekolah di negeri. Mengenai bahasa yang digunakan berbeda-beda tiap sekolah tergantung letaknya. Jadi bisa saja menggunakan bahasa Jerman, Prancis atau Italia. 
Finlandia 1. Finladia Negara satu ini sering menduduki peringkat teratas dalam pendidikan. Anak-anak di Finlandia bisa sekolah dengan bahagia karena tidak mereka tidak pernah dibebani tugas sekolah. Ada satu tes wajib sekolah pada usia 16 tahun

Posting oleh Desi Eri K 4 tahun yang lalu - Dibaca 14452 kali

 
Tag : #MBS #PSM #pendidikan #peranpendidikan #ratingpendidikan #kualitaspendidikan

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 04/08/2020 09:12:57
New Normal Sekolah, Antara Sif Belajar dan Modifikasi Materi

Kehidupan new normal di sekolah dan kampus dinilai mesti diatur secara rinci dengan melibatkan sumber daya yang tak...

Selasa, 28/07/2020 08:31:58
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum

Kegiatan belajar dari rumah (BDR) bukan perkara yang mudah, termasuk bagi orangtua. Alhasil, tidak sedikit orangtua...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 74337 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55843 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 83445 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 61748 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 60300 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 69418 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 60481 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44640 kali
Info MBS
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
1 minggu yang lalu - dibaca 45 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
3 minggu yang lalu - dibaca 112 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 bulan yang lalu - dibaca 258 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
1 bulan yang lalu - dibaca 353 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 bulan yang lalu - dibaca 451 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 bulan yang lalu - dibaca 591 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
5 bulan yang lalu - dibaca 1125 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
7 bulan yang lalu - dibaca 2025 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.53 Mb - Loading : 4.32718 seconds