Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Banyak Guru Sulit Temukan Masalah di Kelas

Selasa, 11/10/2016 18:58:51

10ab.jpg


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Badan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) melalui program Prioritizing Reform  Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students atau PRIORITAS melatih puluhan fasilitator nasional dari tujuh provinsi yakni Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa  Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan).

Mereka belajar mengamati dan mengidentifikasi kekuatan dan masalah dalam pembelajaran, termasuk memikirkan alternatif pemecahan masalah dan menerapkannya dalam kegiatan pendampingan kepada guru.

“Banyak fasilitator sulit menemukan hal-hal yang baik dan masalah dalam proses pembelajaran yang  mereka dampingi. Mereka juga kesulitan memberi masukan untuk perbaikan pembelajaran. Kami berusaha  melatih fasilitator untuk mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebuah pembelajaran, dan melakukan pendampingan terhadap guru dari hasil pengamatannya,” papar Direktur Program USAID PRIORITAS, Stuart Weston.

Pada pelatihan tersebut, para peserta melakukan pengamatan proses pembelajaran melalui tayangan  tujuh-delapan video lalu membahas kekuatan atau permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran pada video.

Usai itu mendiskusikan pemecahannya yang dipandu beberapa pertanyaan. Hasil temuan kekuatan dan permasalahan pembelajaran dalam kelompok kecil dibagi di kelompok pleno.

Fasilitator juga dibekali dengan ketrampilan melakukan pendampingan dengan pertanyaan-pertanyan  menggali agar guru menjadi praktisi yang reflektif. Menurut spesialis pelatihan guru USAID PRIORITAS, Ujang Sukandi, ada tiga hal penting yang  dilakukan fasilitator dalam melakukan pendampingan pembelajaran.

Pertama, beri kesempatan guru untuk  memberikan komentar terhadap pelaksaan pembelajaran yang dilakukannya terlebih dahulu.  Langkah selanjutnya beri apresiasi kepada guru terhadap hal-hal positif dalam pembelajaran. Hal ini penting untuk memberi motivasi agar lebih berani melakukan inovasi.

Tahapan berikutnya minta kepada guru menyampaikan refleksinya terkait hal-hal yang penting dalam pembelajarannya. Ketiga, minta guru untuk  memikirkan perbaikan pembelajaran, kemudian tawarkan ide perbaikan dan pengembangan dari yang penting


sumber  :

http://berita.suaramerdeka.com/banyak-guru-sulit-temukan-masalah-di-kelas/


 

Posting oleh Desi Eri K 2 tahun yang lalu - Dibaca 6437 kali

 
Tag : #MBS #peranguru #PSM

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 04/12/2018 09:41:44
IMPLEMENTASI TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP TENAGA PENDIDIK SEKOLAH DASAR UNTUK MENGHADAPI ERA DIGITAL

Abstract Supervision is part of school-based management. Academic supervision conducted by school principals on...

Kamis, 22/11/2018 16:05:48
APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492 Triliun, Terbesar untuk Agama

Pemerintah terus mengoptimalkan pendidikan untuk anak bangsa. Setiap tahun di APBN selalu dianggarkan 20 persen....

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
5 tahun yang lalu - dibaca 60985 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
5 tahun yang lalu - dibaca 45194 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
5 tahun yang lalu - dibaca 67680 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 49895 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
3 tahun yang lalu - dibaca 46145 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
3 tahun yang lalu - dibaca 55172 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
5 tahun yang lalu - dibaca 49231 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
5 tahun yang lalu - dibaca 33960 kali
Info MBS
APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492 Triliun, Terbesar untuk Agama
APBN 2019, Anggaran Pendidikan Rp 492...
3 minggu yang lalu - dibaca 128 kali
Asah Bakat Sejak Dini, Anak Tumbuh Jadi Remaja Hebat
Asah Bakat Sejak Dini, Anak Tumbuh Jadi...
4 minggu yang lalu - dibaca 214 kali
"Bersiaplah... Pendaftaran SNMPTN...
9 bulan yang lalu - dibaca 1180 kali
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah Dunia Pendidikan di Indonesia
Ini Rekomendasi Penting untuk Ubah...
10 bulan yang lalu - dibaca 1287 kali
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan Vokasi Butuh Suntikan Beasiswa!
Dongkrak Mutu Tenaga Kerja, Pelatihan...
10 bulan yang lalu - dibaca 1329 kali
Berdayakan SMK, Mendikbud Siapkan...
11 bulan yang lalu - dibaca 1644 kali
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen
Generasi Milenial Jangan Takut...
11 bulan yang lalu - dibaca 1856 kali
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan Kerja dan Pemagangan
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan...
12 bulan yang lalu - dibaca 2045 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2018 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.56 Mb - Loading : 7.78425 seconds