Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Bagaimana Membuat Perencanaan Layanan Laboratorium Berbasis Sekolah?

Senin, 22/06/2015 04:28:39

42sbm.jpg

Perencanaan merupakan sebuah proses pemikiran yang sistematis, analitis, logis tentang kegiatan yang harus dilakukan, langkah-langkah, metode, SDM, tenaga dan dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.
Laboratorium adalah suatu tempat baik tertutup maupun terbuka yang dipergunakan untuk melaksanakan praktikum, penyelidikan, percobaan, pengembangan dan bahan pembakuan.

Dalam perencanaan laboratorium dimaksudkan untuk merencanakan konsep dari suatu laboratorium itu sendiri. Bagaimanakah bentuk laboratorum yang ideal? Berapa besarkah ukurannya? Pertanyaan-pertanyaan ini tidak serta merta dapat kita dijawab, karena sebuah laboratorium dibangun untuk tujuan tertentu. Artinya sebelum laboratorium itu dibangun harus tahu dulu untuk keperluan apa dan untuk dipakai siapa laboratorium tersebut. Misalnya laboratorium yang akan digunakan untuk pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah tentunya akan memiliki bentuk yang berbeda dengan laboratorium untuk penelitian. Demikian pula, laboratorium untuk penelitian atau percobaan fisiologi tumbuhan akan berbeda dengan laboratorium untuk ekologi. Pada umumnya bentuk, ukuran dan tata ruang suatu laboratorium didesain sedemikian rupa sehingga pemakai laboratorium mudah melakukan aktivitasnya.

Disamping bentuk, ukuran laboratorium perlu mendapat perhatian, karena fungsi laboratorium di sekolah-sekolah tidak hanya digunakan untuk percobaan yang bersifat individual. Umumnya laboratorium digunakan untuk berbagai kegiatan percobaan dalam konteks proses belajar mengajar. Jumlah siswa yang melebihi kapasitas ruangan laboratorium dalam satu kali percobaan akan mengganggu kenyamanan dan jalannya percobaan atau aktivitas lainnya.

Untuk perencanaan program laboratorium perlu dilakukan pengadaan gedung dan juga pengadaan alat dan bahan. Pengadaan gedung harus memperhatikan tata letak laboratorium diantaranya:
  1. Lokasi Syarat umum lokasi : (a) Tidak terletak di arah angin,yaitu untuk menghindari polusi terhadap kamar lain; (b) Mempunyai jarak cukup jauh terhadap sumber air, untuk menghidari pencemaran air; (c) Mempunyai saluran pembuangan tersendiri untuk menghindari pencemaran penduduk; (d) Mempunyai jarak cukup jauh terhadap bangunan lain untuk memberikan ventilasi yang cukup dan penerangan alami yang optimum; dan (e) Terletak pada bagian yang mudah dikontrol.
  2. Luas Ukuran Laboratorium Untuk 40 orang siswa ukuran laboratorium yang baik : lebar 8-9 meter dan panjang 11-12 meter atau untuk setiap siswa digunakan lebih kurang 2,5 m2. Selain itu dalam perencanaan program laboratorium yang harus dilakukan adalah pengadaan alat dan bahan untuk pengadaan alat-alat laboratorium diperoleh dari Proyek penyediaan fasilitas laboratorium sekolah Diknas dan dari pembelian sekolah.
  3. Sebelum pembelian alat dan bahan laboratorium perlu dipikirkan hal-hal yang berikut : (a) Percobaan apa yang akan dilakukan; (b) Alat/bahan apa yang akan dibeli; (c) Pengetahuan tentang penggunaan alat yang dibeli; (d) Adanya dana; (e) Jenis ukuran alat/bahan yang akan dibeli; (f) Prosedur pembelian; dan (g) Pelaksanaan pembelian.
  4. Adapun fasilitas laboratorium terdiri dari sebagai berikut: (a) Perabot, yang terdiri dari meja, kursi, bangku, rak, alat, dan bahan; (b) Perkakas yang terdiri dari pisau, sabit, bendo, berang, gunting, palu, obeng, pelubang, gergaji, gabung, kikir, pengungkit, pemotong, pengepres, dan sebagainya; (c) Alat peraga yang terdiri dari model, bagan, gelas, buku, peta, gambar, instrumen, skenario, film, foto, dan sebagainya; (d) Kotak obat, lengkap dengan obat-obatan yang lazim dibutuhkan bila misalnya saja, ada di antara peserta didik yang mengalami kecelakaan ketika bekerja di laboratorium; dan (e) Alat pemadam kebakaran, yang dipergunakan sewaktu-waktu bila terjadi kebakaran.

Posting oleh Fitria Anike Widyawati 3 tahun yang lalu - Dibaca 7183 kali

 
Tag : #Perencanaan # Layanan Laboratorium Berbasis Sekolah

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Kamis, 11/01/2018 10:18:27
Pendidikan Tinggi Harus Tekankan Pengembangan Keterampilan Anak Didik

JAKARTA, KOMPAS.com - Program akademik di perguruan tinggi yang menanamkan kultur akademik internasional sudah...

Jum'at, 05/01/2018 22:21:35
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen

KOMPAS.com – Festy Fidia Siswanto prihatin dengan cara pengemasan kopi luwak di sebuah tempat di Ciwidey, Bandung...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
4 tahun yang lalu - dibaca 49752 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
4 tahun yang lalu - dibaca 38362 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
4 tahun yang lalu - dibaca 54406 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
4 tahun yang lalu - dibaca 41364 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
2 tahun yang lalu - dibaca 36076 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
2 tahun yang lalu - dibaca 43650 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
4 tahun yang lalu - dibaca 39318 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
4 tahun yang lalu - dibaca 26724 kali
Info MBS
Generasi Milenial Jangan Takut Bereksperimen
Generasi Milenial Jangan Takut...
2 minggu yang lalu - dibaca 86 kali
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan Kerja dan Pemagangan
Kemnaker Terus Perkuat Mutu Pelatihan...
4 minggu yang lalu - dibaca 212 kali
Saling Adu Kecepatan Robot
2 bulan yang lalu - dibaca 326 kali
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
Guru SD Diajak Aktf Menulis Karya Ilmiah
2 bulan yang lalu - dibaca 467 kali
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
Budaya Literasi dan Karater Mulai Nampak
2 bulan yang lalu - dibaca 512 kali
Jembatani Kompetensi Siswa dengan Kebutuhan Pelaku Dunia Usaha
Jembatani Kompetensi Siswa dengan...
3 bulan yang lalu - dibaca 554 kali
Pendidikan Informal untuk Penguatan Pembelajaran di Daerah Tertinggal
Pendidikan Informal untuk Penguatan...
3 bulan yang lalu - dibaca 755 kali
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak Perbatasan
Sekolah Berasrama Asa bagi Anak...
4 bulan yang lalu - dibaca 791 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2018 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.59 Mb - Loading : 3.29463 seconds