Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Modul Pelatihan Praktik Yang Baik 2

Minggu, 23/11/2013 06:16:54

MODUL PELATIHAN 2

Modul Pelatihan ini merupakan modul kedua dari seri modul pelatihan yang terdiri dari empatmodul dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar danlanjutan pertama melalui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MB S), Peran Serta Masyarakat (PSM), dan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Modul Pelatihan I telah memperkenalkan beberapa konsepbaru seperti MB S, PSM dan PAKEM. Konsep MB S dan PSM dipelajari melalui latihan-latihan yang terbimbing, kunjungan sekolah, dan nara sumber yang sudah berhasil misalnya Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Pengawas. Keterampilan dalam merencanakan anggaran juga diberikan dalam pelatihan tersebut.

Konsep PAKEM disajikan melalui pemodelan yang memperkenalkanberbagai strategi pembelajaran yang aktif dan interaktif yang berpusat pada siswa (termasuk pengelolaan siswayang efektif, menciptakan lingkungan belajar yang efektif,cara menggali potensi dan kreatifitas siswa melalui berbagai jenis penugasan), pengamatan kelas, pembuatan rencana belajar dan praktik mengajar disekolah.

Modul Pelatihan 2 merupakan lanjutan dari Modul Pelatihan 1, dengan fokus memperdalampemahaman peserta terhadap konsep-konsep MB S, PSM, dan PAKEM yang telah diperkenalkan di Modul Pelatihan 1. Dalam bidang manajemen berbasis sekolah, peserta mengkaji ulang kemajuan yang dibuat sejak pelatihan tahap pertama. Nara sumber memberikan contoh nyata untuk didiskusikan dan dianalisis. Sekolah juga dilatih mengelola pendanaan sekolah yang terpadu sehingga dana dapat digunakan secara efektif. Sekolahjuga belajar menyusun program kerjasama dengan berbagai pihak.

Dalam pelatihan PSM, peran masyarakat dijajaki lebih lanjut untuk membantu peningkatan sekolah melalui dukungan masyarakat yang efektif. Peran masyarakat terhadap kemajuansekolah lebih difokuskan pada proses belajar mengajar.

Dalam pelatihan PAKEM peserta menjajaki lebih lanjut pengelolaan kelas, strategi-strategi,dan teknik-teknik pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikirsiswa. Keterampilan bertanya, penciptaan ide-ide baru pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan kerja kelompok juga dibahas secara lebih intensif. Para peserta diajak untukmengkaji kembali pemahaman mereka tentang belajar aktif, dengan mengembangkansendiri skenario pembelajaran dengan bantuan Fasilitator. Skenario pembelajaran yang telah dikembangkan dipraktikkan di sekolah, dan kemudian didiskusikan untuk memperoleh umpan balik dari para peserta lain. Di samping itu, pengertian dan kesadaran guru ataspentingnya perlakuan guru yang sama tanpa bias jender dalam praktik pembelajran di kelas (seperti dalam pemberian tugas, pembuatan soal dan memberikan kesempatan belajar) diberikan di dalam unit 9 ’Pembelajaran yang Mendidik Siswa Mengembangkan PotensiDiri’.

44Modul-Pelatihan-Praktik-Yang-Baik-2.jpg

Posting oleh Tim Pengembang MBS 9 tahun yang lalu - Dibaca 68739 kali

 
Tag : #

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
9 tahun yang lalu - dibaca 115120 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
9 tahun yang lalu - dibaca 90670 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
9 tahun yang lalu - dibaca 128990 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 98590 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
7 tahun yang lalu - dibaca 97653 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 116384 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
9 tahun yang lalu - dibaca 97085 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
9 tahun yang lalu - dibaca 75622 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 tahun yang lalu - dibaca 20543 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 tahun yang lalu - dibaca 22471 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
2 tahun yang lalu - dibaca 37971 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
2 tahun yang lalu - dibaca 39433 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 tahun yang lalu - dibaca 55822 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 tahun yang lalu - dibaca 35162 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 tahun yang lalu - dibaca 31775 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 tahun yang lalu - dibaca 51675 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2022 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 4.94577 seconds