Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

MENAJEMEN SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGAWAN INTERNASIONAL

Minggu, 12/05/2018 12:41:45

Abstract:the purpose of this study is to determine: (1) the recruitment of students / athletes
SKOI, (2) the learning process of students / athletes SKOI, (3) the results of National
Examination student / athletes SKOI. (4) the results of achievements at local, national, and
international student / athletes SKOI, (5) barriers and solutions of the students / athletes SKOI.
The approach used is qualitative method by using data collection techniques are observation.
The results of the research is the process of admission of students / athletes by letter calls
from diknas cities and counties. Learning process by using the same curriculum 2006 regular
schools, but in practice there are some differences. The results of both semester exams and
passing the national exam 100%. Sporting achievements championship results obtained in
the national and international scale. Barriers faced is the lack of socialization with the district
/ city, teaching hours, in contrast to regular schools, the semester schedule sometimes clash
with the event and national exams, as well as the lack of tournaments between students and
the lack of involvement in national and international championships.


Keywords: school management, special school, athlete school


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) rekrutmen siswa/atlit SKOI,
(2) proses pembelajaran siswa/atlit SKOI, (3) hasil Ujian Nasional siswa/atlit SKOI. (4)
hasil prestasi daerah, nasional, dan internasional siswa/atlit SKOI, (5) hambatan dan solusi
yang dimiliki siswa/atlit SKOI. Pendekatan yang digunakan yaitumetode kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi.Hasil penelitian yaitu proses
penerimaan siswa/atlit dengan melalui surat panggilan dari diknas kota dan kabupaten. Proses
pembelajaran dengan menggunakan kurikulum tahun 2006 sama sekolah reguler, namun
dalam pelaksanaannya ada beberapa perbedaan. Hasil ujian semester baik dan kelulusan
ujian nasional 100%. Prestasi olahraga hasil kejuaraan diperoleh dalam skala nasional dan
internasional. Hambatan yang dihadapiyaitu kurangnya sosialisasi dengan kabupaten/kota,
jam belajar berbeda dengan sekolah reguler, jadwal semester terkadang benturan dengan
acara dan ujian nasional, serta minimnya turnamen antar pelajar dan kurangnyaketerlibatan
dalam kejuaraannasional dan internasional.


Kata kunci: manajemen sekolah, sekolah khusus, sekolah olahragawan


La Sunu, Andi Ichrar Asbas, Labulan Labulan

sumber (http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1861)

Posting oleh Desi Eri K 4 tahun yang lalu - Dibaca 18383 kali

 
Tag : #MBS #manajemenkelasolahraga #manajemenkelas

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Senin, 08/03/2021 10:49:35
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan

JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....

Selasa, 02/03/2021 09:57:29
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI

    Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
9 tahun yang lalu - dibaca 110443 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
9 tahun yang lalu - dibaca 86502 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
9 tahun yang lalu - dibaca 123383 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 95022 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
7 tahun yang lalu - dibaca 93142 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 112023 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
9 tahun yang lalu - dibaca 93498 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
9 tahun yang lalu - dibaca 72320 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 tahun yang lalu - dibaca 18749 kali
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka Kembali Sekolah di Masa Pandemi
Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 tahun yang lalu - dibaca 20940 kali
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
2 tahun yang lalu - dibaca 34779 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
2 tahun yang lalu - dibaca 35005 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 tahun yang lalu - dibaca 48136 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 tahun yang lalu - dibaca 32247 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 tahun yang lalu - dibaca 28809 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 tahun yang lalu - dibaca 46067 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2022 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.52 Mb - Loading : 2.01442 seconds