Layanan Khusus Peserta Didik
Minggu, 27/06/2015 11:37:24
Layanan khusus kepada peserta didik pada umumnya sama, tetapi proses pengelolan dan pemanfaatannya yang berbeda. Beberapa bentuk layanan khusus di sekolah antara lain layanan: Bimbingan Konseling, perpustakaan, laboratorium, ekstrakulikuler, Usaha Kesehatan Sekolah, kafetaria, koperasi, Organisasi Siswa Intra Sekolah, transportasi, dan asrama. Sedangkan proses manajemen layanan khusus adalah: (1) Perencanaan, meliputi analisis kebutuhan dan penyusunan program layanan khusus; (2) Pengorganisasian, berupa pembagian tugas untuk melaksanakan program layanan khusus; (3) Penggerakan, meliputi pengaturan pelaksanaan layanan khusus, serta (4) Pengawasan, meliputi pemantauan dan penilaian kinerja program layanan khusus di sekolah.
Manajemen merupakan proses penataan atau pendayagunaan dengan menggunakan sumber-sumber potensial, baik manusia maupun non manusia, guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Proses fungsi manajemen itu menurut George R.Terry dimulai dari perencanaan (planning), lalu diteruskan pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan terakhir adalah pengawasan (controlling). Proses tersebut berjalan secara siklik, karena begitu proses akhir (pengawasan) telah dilalui, maka akan kembali lagi menuju ke proses pertama (perencanaan).
Pengelolaan (baca: manajemen) layanan khusus merupakan salah satu dari substansi ekstensi manajemen pendidikan. Selain itu masih ada lagi substansi ekstensi dari manajemen pendidikan, contohnya manajemen: kantor, waktu, konflik, sistem informasi, dinamika kelompok, dan lainnya. Manajemen layanan khusus di sekolah diterapkan untuk mempermudah atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus peserta didik di sekolah. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan khusus adalah suatu proses kegiatan memberikan pelayanan kebutuhan kepada peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif dan efisien. Manajemen layanan khusus di sekolah merupakan bagian penting dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang efektif dan efisien.
Manajemen merupakan proses penataan atau pendayagunaan dengan menggunakan sumber-sumber potensial, baik manusia maupun non manusia, guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Proses fungsi manajemen itu menurut George R.Terry dimulai dari perencanaan (planning), lalu diteruskan pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan terakhir adalah pengawasan (controlling). Proses tersebut berjalan secara siklik, karena begitu proses akhir (pengawasan) telah dilalui, maka akan kembali lagi menuju ke proses pertama (perencanaan).
Pengelolaan (baca: manajemen) layanan khusus merupakan salah satu dari substansi ekstensi manajemen pendidikan. Selain itu masih ada lagi substansi ekstensi dari manajemen pendidikan, contohnya manajemen: kantor, waktu, konflik, sistem informasi, dinamika kelompok, dan lainnya. Manajemen layanan khusus di sekolah diterapkan untuk mempermudah atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus peserta didik di sekolah. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan khusus adalah suatu proses kegiatan memberikan pelayanan kebutuhan kepada peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif dan efisien. Manajemen layanan khusus di sekolah merupakan bagian penting dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang efektif dan efisien.
Posting oleh wildan zulkarnain 7 tahun yang lalu - Dibaca 70774 kali
Tag :
#layanan khusus # MBS
Berikan Komentar Anda
Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya

Artikel
Senin, 08/03/2021 10:49:35Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
Artikel
Selasa, 02/03/2021 09:57:29KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...
7 Pilar MBS

Pilar
Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah.
Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Penelitian

Penelitian
http://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/6093
Modul dan Pedoman

Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan...
Senin, 08/03/2021 10:49:35
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH...
Selasa, 02/03/2021 09:57:29
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Senin, 15/02/2021 15:16:57
PENINGKATAN PARTISIPASI ORANGTUA PESERTA DIDIK...
Rabu, 03/02/2021 08:59:00
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Minggu, 24/01/2021 07:23:27
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41
Fokus Hari Ini
Tags
Berita Pilihan

Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan...
Senin, 08/03/2021 10:49:35
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH...
Selasa, 02/03/2021 09:57:29
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Senin, 15/02/2021 15:16:57
PENINGKATAN PARTISIPASI ORANGTUA PESERTA DIDIK...
Rabu, 03/02/2021 08:59:00
PROFIL KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SEKOLAH...
Minggu, 24/01/2021 07:23:27
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41
Terpopuler
Modul MBS

Paket Pelatihan 3
9 tahun yang lalu - dibaca 105476 kali

Paket Pelatihan 2
9 tahun yang lalu - dibaca 82104 kali

Paket Pelatihan 1
9 tahun yang lalu - dibaca 117828 kali

Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
9 tahun yang lalu - dibaca 90431 kali

MODUL 6 UNIT 3
7 tahun yang lalu - dibaca 88648 kali

Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 103856 kali

Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
9 tahun yang lalu - dibaca 88465 kali

Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
9 tahun yang lalu - dibaca 68814 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
2 tahun yang lalu - dibaca 16277 kali

Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
2 tahun yang lalu - dibaca 18526 kali

Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
2 tahun yang lalu - dibaca 28159 kali

Nasib Pelajar di Tengah Pandemi
2 tahun yang lalu - dibaca 27456 kali

Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
2 tahun yang lalu - dibaca 32233 kali

Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
2 tahun yang lalu - dibaca 26098 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 tahun yang lalu - dibaca 23885 kali

New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 tahun yang lalu - dibaca 31799 kali