UNESCO Mengadakan Lokakarya & Pelatihan Program MBS di Yogyakarta dan Makassar
Minggu, 27/06/2015 10:25:43
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS dilakukan dengan pelaksanaan Lokakarya Program MBS terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan Pelatihan Program MBS. Secara umum kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep dan penerapan MBS secara komprehensif sesuai dengan perkembangan keilmuan dan regulasi yang berlaku serta praktek pengalaman yang baik guna memberikan dukungan dan fasilitasi sehingga sekolah dasar dapat lebih terdorong melaksanakan MBS dengan baik sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Kemdikbud bekerjasama dengan UNESCO menyelenggarakan kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS untuk lebih memantapkan persepsi dan langkah gerak dalam upaya secara sinergis untuk dapat menyebarluaskan peningkatan pelaksanaan MBS di sekolah dasar secara merata. Selain itu Kemdikbud melalui PUSTEKOM bekerjasama dengan UNESCO telah pula melakukan pengembangan Video Program MBS tentang program MBS. Pengembangan video instruksional tersebut menjadi salah satu sumber materi dalam kegiatan ini dan diharapkan akan membantu guru, kepala sekolah, pengawas dan pembina pendidikan dalam penyebaran serta peningkatan pelaksanaan MBS di sekolah sekolah.
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS dilakukan dengan 2 (dua) tahapan kegiatan. Pertama kegiatan Lokakarya tentang Program MBS yang diikuti oleh para pejabat yang menangani pendidikan ditingkat provinsi , kabupaten/kota serta pejabat /widyaiswara pada LPMP dengan harapan agar mereka lebih mengetahui esensi MBS sehingga diharapkan dapat lebih memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap pelaksanaan program MBS. Kedua, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Program MBS yang diperuntukan bagi para guru, kepala sekolah dan pengawas yang berasal dari daerah dan sekolah dasar yang telah memperoleh pembinaan dari program MBS atau dikenal pula dengan CLCC (Creating Learning Community for Children).
Bapak Faisol Muslim dari UNESCO menyatakan tujuan Loka karya Program MBS yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai esensi pentingnya MBS secara komprehensif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sesuai regulasi dan konsep keilmuan serta pengalaman praktek yang baik dan untuk meningkatkan dukungan dan fasilitasi terhadap program MBS sehingga sekolah dasar di wilayah binaan peserta dapat menerapkan MBS dengan baik sebagai upaya meningkatkan kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan .
Drs. Trias Subarkah, ketua pelaksana kegiatan, menyatakan tujuan Pelatihan Program MBS yaitu untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep dan hakikat serta strategi pelaksanaan MBS yang akan menjadi referensi dalam penerapan MBS dengan baik secara komprehensif sesuai konsep keilmuan, regulasi serta praktek pengalaman pelaksanaan MBS yang baik, untuk memperoleh keterampilan menggunakan Video Program MBS dalam menyebarluaskan program MBS kepada pihak lain di sekolah , gugus atau tempat lainnya, untuk mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program MBS dan solusi pemecahannya, dan ntuk dapat melakukan identifikasi dan pemaparan inovasi-inovasi atau cara cara baru yang dapat dilakukan dalam implementasi pelaksanaan program MBS.
Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Program MBS untuk wilayah barat dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 12-16 Juni 2015 wilayah timur dilaksanakan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 21 s.d. 25 Juni 2015. Hasil Lokakarya Program MBS yaitu meningkatnya pemahaman peserta mengenai konsep dan program MBS secara regulasi dan keilmuan serta pengalaman praktek yang baik guna mendorong sekolah dasar melaksanakan MBS dengan baik dan komprehensif guna peningkatan mutu kinerja sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan meningkatnya dukungan dan fasilitasi terhadap program MBS sehingga sekolah dasar di wilayah binaan peserta dapat menerapkan MBS dengan baik
Hasil Pelatihan Program MBS yaitu meningkatnya pemahaman dan kemampuan peserta dalam melaksanakan MBS secara komprehensif yang meliputi tujuh bidang/pilar melalui tayangan video instruksional. Selain itu diperolehnya keterampilan peserta dalam menggunakan Video Program MBS ini untuk menyebarluaskan program MBS kepada pihak lain di sekolah , gugus atau tempat lainnya. Hasil lainnya yaitu diperolehnya identifikasi permasalahan yang dihadapi peserta dalam pelaksanaan program MBS dan solusi pemecahannya. Terakhir, diperolehnya identifikasi dan paparan megenai inovasi-inovasi baru atau cara cara baru yang dapat dilakukan dalam implementasi pelaksanaan program MBS.
Posting oleh Teguh Triwiyanto 6 tahun yang lalu - Dibaca 37452 kali
Tag :
#MBS # unesco
Berikan Komentar Anda
Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Artikel
Senin, 14/12/2020 09:18:40PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI LAYANAN EKSTRAKURIKULER
Abstract: Student leadership potential is not enough just developed through learning activities in the classroom but...
Artikel
Senin, 30/11/2020 09:07:18Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta Unggul
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan budaya organisasi Sekolah Menengah Pertama Swasta...
7 Pilar MBS

Pilar
Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah.
Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Penelitian

Penelitian
http://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/6093
Modul dan Pedoman
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41

Seperti Ini Peran Orangtua Dampingi BDR Saat...
Senin, 02/11/2020 09:59:04
Mengembangkan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa...
Jum'at, 23/10/2020 17:22:51
ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP...
Senin, 12/10/2020 10:45:00
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah dari SMPN...
Selasa, 06/10/2020 12:05:40

Kebijakan Pendidikan Saat Pandemi Tak Sentuh...
Senin, 28/09/2020 10:59:45
Fokus Hari Ini
Tags
Berita Pilihan
PEMBINAAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA MELALUI...
Senin, 14/12/2020 09:18:40
Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta...
Senin, 30/11/2020 09:07:18
Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa...
Senin, 09/11/2020 08:38:41

Seperti Ini Peran Orangtua Dampingi BDR Saat...
Senin, 02/11/2020 09:59:04
Mengembangkan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa...
Jum'at, 23/10/2020 17:22:51
ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP...
Senin, 12/10/2020 10:45:00
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah dari SMPN...
Selasa, 06/10/2020 12:05:40

Kebijakan Pendidikan Saat Pandemi Tak Sentuh...
Senin, 28/09/2020 10:59:45
Terpopuler
Modul MBS

Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 83156 kali

Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 62883 kali

Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 93416 kali

Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 69242 kali

MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 67681 kali

Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 77413 kali

Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 67818 kali

Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 50186 kali
Info MBS
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
4 bulan yang lalu - dibaca 2224 kali

Melihat Kendala Terberat Saat Membuka...
5 bulan yang lalu - dibaca 2705 kali

Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
6 bulan yang lalu - dibaca 2981 kali

Nasib Pelajar di Tengah Pandemi
6 bulan yang lalu - dibaca 2830 kali

Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
7 bulan yang lalu - dibaca 4100 kali

Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
7 bulan yang lalu - dibaca 3964 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
7 bulan yang lalu - dibaca 4382 kali

New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
7 bulan yang lalu - dibaca 4853 kali