Best Practice MBS Di Sekolah Dasar Provinsi Kepulauan Riau
Oleh: Imam Rochani & Januar
Teguh Triwiyanto MBS Center. Salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau yaitu melaksanakan bimtek untuk Tim Pengembang Kabupaten/Kota, monitoring dan evaluasi ke sekolah piloting.
Manajemen Berbasis Sekolah pada dasarnya mengembangkan manajemen sekolah secara menyeluruh dengan penekanan pada komponen-komponen tertentu. Manajemen Berbasis Sekolah yang sudah diimplementasikan sejak tahun 1999 diprioritaskan pada 3 pilar yaitu: Manajemen, PAKEM, dan peran serta masyarakat. Sejalan dengan Permen No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, maka pelaksanaan MBS dikembangkan menjadi 7 komponen, yaitu:
- Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran
- Manajemen Peserta Didik
- Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Manajemen Sarana dan Prasarana
- Manajemen Keuangan dan Pembiayaan
- Manajemen Peran Serta Masyarakat
- Manajemen Budaya dan Lingkungan Sekolah
Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar dilaksanakan melalui implementasi Modul Panduan Panduan Pembinaan,Panduan Bimbingan Teknis,Panduan Reflikasi,Panduan Pelaksanaan,Panduan Pengawasan dan Evaluasi. Untuk mencapai terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah dilaksanakan berbagai strategi yaitu :
- Sosialisasi
- Peningkatan kinerja sekolah berdasarkan prinsip MBS.
- Kunjungan sekolah
- Magang ( induksi )
- Bimbingan Teknis
- Pendampingan
- Piloting
Secara umum pelaksanaan Bimtek MBS Kab/kota di Propinsi Kepulauan Riau telah terlaksana dengan baik dan optimal. Apresiasi dan respon Peserta untuk mendalami dan menerapkan MBS sangat tinggi. Panitia pelaksana sudah bekerja dengan baik dan koordinatif, mulai dari persiapan sampai dengan saat pelaksanaan bimtek MBS.Tim fasilitator Bimtek MBS tahap pertama menyampaikan materi lengkap dengan menggunakan pendekatan metode yang bervariasi. Pelaksanaan Semiloka Bimtek MBS, hasil-hasil yang Dicapai : Terbentuknya Tim Pengembang di setiap Kabupaten Kota di Propinsi Kepri. Menetapkan sekolah piloting di setiap Kab/kota sebanyak 3 SD yang belum terakreditasi
Hambatan yang dihadapi yaitu: letak geografis Kepulauan Riau yang terdiri dari seribu pulau dan kondisi alam yang sulit diprediksi, sistem informasi internet kerap mengalami gangguan, dan belum tersedianya dana untuk Kab/kota melaksanakan Bimtek MBS.
Secara umum pelaksanaan MBS di provinsi kepulauan Riau telah terlaksana, namun demikian perlu pembenahan dan pembinaan secara rutin. Peran dan fungsi tim pengembang MBS di Kabupaten/Kota masih perlu ditingkatkan.
Tindak lanjut yang dilakukan yaitu: (1) Membuat modul revisi MBS dari modul utama. Mencirikan kesesuaian dengan kondisi lokal Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau; (2) Sekolah piloting yang dibina dari akreditasi C menjadi B atau B menjadi A atau A menjadi A+, sasaran akhir semua SD di Kepulauan Riau terakreditasi A; (3) sinkronisasi dan justifikasi antara 7 pilar MBS dengan 8 SNP (buku panduan); (4) survey tingkat responsibilitas implementasi MBS di sekolah dasar se Kepulauan Riau; (5) membuat media informasi website MBS Kepulauan Riau; dan (6) Inisiasi MBS award.
Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah merupakan tanggungjawab bersama pemerintah, masyarakat, dan orang tua. Oleh karena itu setiap komponen MBS pemerintah, masyarakat, dan orang tua berkewajiban untuk memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan Manajemen Berbasis Sekolah.
Kiat-kiat Provinsi Kepulauan Riau dalam mengimplementasikan MBS dapat dilihat dalam lampiran berikut.
Best Practice Pelaksanaan MBS Provinsi Kepulauan Riau.pdf [download]
Posting oleh Teguh Triwiyanto 55 tahun yang lalu - Dibaca kali
Digitalisasi Percepat Transformasi Layanan Pendidikan
JAKARTA - Sejak pandemi melanda, sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah....
KESIAPAN MENGHADAPI PERUBAHAN PADA GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP JENIS BUDAYA DAN DUKUNGAN ORGANISASI
Abstract: The study investigates the relation of the readiness for change of an elementary school...