Paket Pelatihan 4
A. Pendahuluan
• Paket pelatihan MBS/PSM/PAKEM 1, 2, dan 3 telah berhasil menjadikan banyaksekolah mampu mengelola sekolahnya secara lebih baik, meningkatkan peran sertamasyarakat, dan mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih baik. Sekolah telahmenyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) secara partisipatif, transparan, dan akuntabel. Para stakeholder sekolah juga menjadi semakin merasa memiliki terhadap sekolah. Peranserta masyarakat tidak lagi hanya dalam urusan pendanaan, tetapi juga dalam urusan akademis. Proses pembelajaran pun berjalan semakin kreatif dan produktif serta menjanjikan hasil yang lebih baik di masa depan.
• Gejala-gejala positif ini perlu terus ditumbuhkembangkan. RPS perlu mendapat tempatsebagai rujukan utama dalam pengembangan dan pelaksanaan semua program sekolah.RPS diharapkan tidak hanya menjadi dokumen mati, yang ditumpuk atau dipamerkan kepada pengunjung dari luar. Visi dan misi yang ada perlu dibuat lebih realistis. Program-program sekolah perlu disusun lebih spesifik, lebih mudah diukur ketercapaiannya, serta dikembangkan secara lebih partisipatif, transparan, dan akuntabel.
• Bantuan pendanaan yang saat ini banyak berdatangan ke sekolah, baik dari pemerintah(baca: BOS) maupun dari masyarakat perlu dikelola dengan baik, transparan, dan akuntabel. Kedatangannya harus semakin meningkatkan gairah peningkatan mutu pendidikan disekolah. Semua pihak yang berkepentingan dengan sekolah harus tetap berpandanganpositif, saling percaya, saling membantu dan bersatu padu mengerahkan segenap dayaupaya yang ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Bukan sebaliknya.
• Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) juga perlumakin digalakkan. Guru perlu lebih profesional, dan memiliki banyak ide-ide pembelajaranyang berkualitas. Aktivitas KKG/MGMP – wadah para guru berbagi ide, pengalaman, danhasil karya – perlu dikembangkan sehingga menjadi lebih efektif, efisien, menarik,menantang, dan bermanfaat bagi para guru. Demikian pula dengan fungsi pendampinganyang harus dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas ataupun guru lain yang lebihkompeten. Pendampingan perlu lebih sering dijalankan dan dilaksanakan secara efektifdan menyenangkan.
Paket Pelatihan 4.pdf [download]
Posting oleh Tim Pengembang MBS 49 tahun yang lalu - Dibaca kali

Kemendikbud dan BNPB Susun Modul Pendidikan Kebencanaan
Liputan6.com, Malang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyebutkan, sudah ada modul pendidikan...
DAMPAK PERUBAHAN ORGANISASIONAL INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperolah gambaran mengenai dampak perubahanorganisasional institusi...























