Follow Us Email Facebook Google LinkedIn Twitter

Panduan Bagi Tim Penyusun Renstra

Minggu, 14/11/2015 06:02:04

KATA PENGANTAR

Undang-Undang No 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasionalmengamanatkan bahwa setiap kabupaten/kota harus membuat dokumen perencanaan.Dokumen Perencanaan yang dimaksud meliputi: 1) Rencana Pembangunan Jangka PanjangDaerah (RPJPD); 2) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD); 3) RencanaStrategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD); 4 ) Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD), dan; 5) Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD).

Dinas Pendidikan sebagai salah satu SKPD juga diwajibkan untuk menyusun Rencana Strategispembangunan sektor pendidikan untuk periode 5 tahunan, sebagai bentuk penjabaran dariRPJMD. Masih banyak kabupaten/kota yang belum mampu menyusun dokumen perencanaantersebut dengan baik dan partisipatif. Sebagai hasilnya, banyak Dinas Pendidikan yang belummemiliki dokumen Renstra atau jika sudah belum bisa memenuhi atau menjawab kebutuhannyata di daerah berdasarkan hak-hak anak.

Melalui program Mainstreaming Good Practices in Basic Education (MGP-BE), Komponen 2 dariBasic Education Sector Capacity Support Programme (BE-SCSP) yang didanai oleh Uni Eropa(European Union), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bekerja sama dengan UnitedNations Children’s Fund (UNICEF) bermaksud meningkatkan mutu pendidikan dasar melaluiprogram peningkatan kapasitas, baik individu maupun lembaga pengelola pendidikan di tingkatsekolah dan di tingkat kabupaten.

Di tingkat kabupaten, Penyusunan Rencana Strategis Dinas Pendidikan dipandang merupakanarea peningkatkan kapasitas yang penting. Hal ini telah dikonfirmasi sebagai salah satukebutuhan kabupaten dalam kegiatan Peninjauan Kapasitas Kabupaten MGP-BE pada akhir2007. Disamping itu, MGP-BE juga telah melaksanakan kegiatan Analisis Data dan PerencanaanPendidikan pada 2008 dan Pembiayaan Pendidikan pada 2009 di tingkat kabupaten. Keduakegiatan tersebut akan menopang pelaksanaan pengembangan Renstra di 12 Kabupaten mitraMGP-BE dan, mudah-mudahan juga di kabupaten lain di Indonesia melalui Kemdiknas.

Buku ini disusun untuk memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan dalam menyusundokumen Rencana Strategis Dinas Pendidikan. Buku ini terdiri dari dua seri, yaitu:
a. Seri 1: Delapan Langkah Penyusunan Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Panduan Bagi Tim Penyusun Renstra Dinas Pendidikan
b. Seri 2: Panduan Lokakarya Penyusunan Rencana Strategis Dinas Pendidikan,Panduan Bagi Fasilitator

Buku-buku tersebut di atas dikembangkan berdasarkan panduan yang telah ada sebelumnyadari lembaga lain, yaitu USAID melalui proyek Decentralized Basic Education-1 (DBE-1) danLocal Governance Support Program (LGSP), Petunjuk Penyusunan Renstra Kesehatan Ibu-Anak(Kementerian Dalam Negeri, 2009); UNDP, ‘A Human-Rights Based Approach to Programming:A Practioner’s Guide’ (Bangkok: United Nations Development Programme/UNDP, 2005) dan Kemendiknas / UNICEF / EUiv | Panduan Bagi Tim Penyusun RenstraUNICEF dan UNESCO, ‘A Human Rights-Based Approach to Education for All’ (New York: UnitedNations Children’s Fund/UNICEF and the United Nations Educational, Scientific and CulturalOrganization/UNESCO, 2007).

 

28Panduan-Bagi-Tim-Penyusun-Renstra.jpg

Lampiran
Panduan bagi Tim Penyusun Renstra.pdf [download]

Posting oleh Tim Pengembang MBS 51 tahun yang lalu - Dibaca kali

 
Tag : #Panduan #Renstra #MBS

Berikan Komentar Anda

Artikel Pilihan
Bacaan Lainnya
Selasa, 04/08/2020 09:12:57
New Normal Sekolah, Antara Sif Belajar dan Modifikasi Materi

Kehidupan new normal di sekolah dan kampus dinilai mesti diatur secara rinci dengan melibatkan sumber daya yang tak...

Selasa, 28/07/2020 08:31:58
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum

Kegiatan belajar dari rumah (BDR) bukan perkara yang mudah, termasuk bagi orangtua. Alhasil, tidak sedikit orangtua...

7 Pilar MBS
MBS portal
Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah
  Tujuh pilar MBS yaitu kurikulum dan pembelajaran, peserta didik pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan...
Informasi Terbaru
Modul dan Pedoman
Video MBS
Modul MBS
Paket Pelatihan 3
Paket Pelatihan 3
7 tahun yang lalu - dibaca 74340 kali
Paket Pelatihan 2
Paket Pelatihan 2
7 tahun yang lalu - dibaca 55843 kali
Paket Pelatihan 1
Paket Pelatihan 1
7 tahun yang lalu - dibaca 83449 kali
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
Berbagi Pengalaman Praktik yang Baik
7 tahun yang lalu - dibaca 61749 kali
MODUL 6 UNIT 3
MODUL 6 UNIT 3
5 tahun yang lalu - dibaca 60300 kali
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
Modul Pelatihan 6: Praktik Yang Baik
5 tahun yang lalu - dibaca 69419 kali
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator Renstra
Panduan Lokakarya Bagi Fasilitator...
7 tahun yang lalu - dibaca 60482 kali
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan Pendidikan
Praktik Yang Baik: Modul Keuangan...
7 tahun yang lalu - dibaca 44641 kali
Info MBS
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak Harus Terbebani Target Kurikulum
Kemendikbud: Belajar dari Rumah Tidak...
1 minggu yang lalu - dibaca 45 kali
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
Nasib Pelajar di Tengah Pandemi 
3 minggu yang lalu - dibaca 113 kali
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua Penting dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Survei Kemendikbud: Peran Orangtua...
1 bulan yang lalu - dibaca 258 kali
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud Sederhanakan Kurikulum
Hadapi Pandemi Covid-19, Kemendikbud...
1 bulan yang lalu - dibaca 353 kali
Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan...
2 bulan yang lalu - dibaca 452 kali
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI Usul Kurikulum Sekolah Era Pandemi Covid-19
New Normal di Dunia Pendidikan : PGRI...
2 bulan yang lalu - dibaca 591 kali
3 Inspirasi Manajemen Berbasis Sekolah...
5 bulan yang lalu - dibaca 1125 kali
Mendikbud Tetapkan Empat Pokok...
7 bulan yang lalu - dibaca 2025 kali
Follow Us :
Get it on Google Play

©2013-2020 Manajemen Berbasis Sekolah
MUsage: 3.53 Mb - Loading : 6.27672 seconds