Panduan Penggunaan Sistem


 

Apa MBS itu ?

Manajemen merupakan sesuatu yang mendasari semua kegiatan dalam organisasi. Dengan adanya manajemen maka diharapkan suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan, dapat menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang bertentangan, dan dapat mencapai effisiensi dan efektifitas. Salah satu organisasi yang ada disekitar kita adalah sekolah, yang menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Sebenarnya  apa MBS itu?

Nurkolis (2006: 11) mengemukakan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model pengelolaan sekolah dengan memberikan kewenangan yang lebih besar pada tingkat sekolah untuk mengelola sekolahnya sendiri secara langsung.

Menurut Mulyasa (2002), Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi, dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah masyarakat dan pemerintah.

Menurut Sudarwan Danim (2005) MBS dapat didefinisikan sebagai suatu proses kerja komunitas sekolah dengan cara menerapkan kaidah-kaidah, otonomi, akuntabilitas, partisipasi, dan sustainabilitas untuk mencapai tujuan penddikan dan pembelajaran secara bermutu.

Jadi  menurut saya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapat diartikan sebagai proses kerja komunitas sekolah dengan memberikan kewenangan yang lebih besar pada sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi, dan pemerataan pendidikan supaya lebih baik dan lebih memadai agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah, masyarakat dan poemerintah.

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan pengelolaan sekolah oleh komunitas sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini mutu pendidikan mengacu pada masukan, proses, luaran, dan dampaknya. Jadi Mutu/kualitas MBS disini dilihat dari perspektif yang lebih luas.

Tujuan MBS bukan mendongkrak prestasi belajar siswa, melainkan melakukan pemberdayaan sekolah.  MBS dikatakan berhasil jika sekolah sudah dikelola/diberdayakan dengan baik, sementara prestasi belajar hanyalah efek dari MBS, bukan tujuan utama dari MBS.

MBS akan berjalan dengan baik  jika seluruh komunitas sekolah ikut berpartisipasi. Komunitas sekolah disini mencakup kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Komunitas sekolah  tersebut, masing-masing harus memiliki tanggung jawab akan tugas pokok dan fungsinya. Mereka bekerja bukan karena ada beban atau peraturan yang ketat. Mereka bekerja secara efektif dan efisien dan disertai dengan niat yang ikhlas. Dengan seperti itu maka MBS akan berjalan dengan lancar.

Daftar Pustaka:
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurkolis. 2006. Manajemen berbasis Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudarwan Danim. 2005. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Sumber : http://www.kompasiana.com/meidah/apa-mbs-itu_55009bcba3331123705116c6


Created : 2015-10-19 05:19:57, Last Update : 0000-00-00 00:00:00 read 8634 times
Tag : #apa mbs itu #arti mbs #definisi mbs #pengertian mbs

Informasi Terkait